Kamis, 08 Mei 2014

Namanya Juga Tugas Akhir .....

Tulisan ini menyambung dari tulisan saya yang punya judul "Balada Mahasiswa Semester Akhir (1)", yang edisi (2) nya juga blm dibuat karena males nulis panjang-panjang  -mendingan juga dibuat nulis laporan Tugas Akhir 8) -

Di masa semester 8 saya ini yang juga saya tetapin harus sebagai semester terakhir di masa perkuliahan, saya Alhamdulillah cuma ambil 10 sks.
5 sks itu Tugas Akhir.
3 sks itu mata kuliah "kampret" yang ngulang dari semester 6.
2 sks nya lagi itu mata kuliah bersama yang memang di kurikulum itu buat mahasiswa semester 8, tapi gak tau kenapa temen2 saya pada ambil di semester 2, 4 ato 6. Jadi seakan-akan hina sekali mengambil mata kuliah ini di waktu yang sesuai (aneh ....)

Buat mata kuliah "kampret", kebiasaan dari semester 6 susah sekali dihilangkan.
Karena mata kuliah ini sistemnya "team teaching" (jadi gak ada dosen tetap, dosen gantian terus sesuai kebutuhan materi). Tujuannya sistem itu kan supaya mahasiswa dapat materi yang spesifik dari orang yang spesifik juga. Tapi pada kenyataannya, penjelasan dari satu dosen dan dosen yang lain itu gak ada yang koheren. Akhirnya mahasiswa yang gak suka baca (kayak saya), pasti kesulitan menangkap inti dari perkuliahan ini.
Untung aja sebagai salah seorang veteran mata kuliah ini (a.k.a. mahasiswa tua yang ngulang), masih bisa meraba-raba sedikit inti dari matkul ini.
Oh ya, yang saya maksud kebiasaan dari semester 6 ini adalah : TIDAK MENGIKUTI PERKULIAHAN -___- (please jangan dicontoh yang beginian)
Kalo di semester 6, sering gak masuk karena jadwal kuliah yang jam 7 pagi dan hari SENIN dan saya harus berangkat dari rumah saya di SIDOARJO ke kampus tercinta saya yang ada di SURABAYA (it means sekitar 35km perjalanan). Perjalanan sekitar 1 jam kalo lancar, nah karena hari SENIN merupakan beginning of the week and that's suck. Kalo saya berangkat dari rumah telat 5 menit aja ato jam 06.05, durasi perjalanan bisa berlipat menjadi 1 jam 45 menit!
Akhirnya saya sering telat.....entah ini bisa dijadikan alasan ato enggak.
Kalo di semester 8 ini, beberapa kali saya sudah gak masuk karena alasan yang lebih terhormat : Saya harus ke objek penelitian saya, dan itu tidak bisa ditinggalkan..... entah ini bisa dijadikan alasan (lagi) ato enggak.

Di sinilah letak ke"suck"an berikutnya.
Objek penelitian saya itu Pabrik pupuk besar yang terletak di Kota Gresik.
It means, sekitar 30km perjalanan dari kos saya yang terletak di dekat kampus tercinta saya.
Kalo lancar perjalanan sekitar 1 jam.
Kalo uda macet perjalanan bisa jadi 1,5 jam -___-
Dan yang lebih "suck" adalah karena saya tidak naik mobil, tapi naik tunggangan andalan saya (Motor Supr* 125 cc yang uda menemani saya jatuh dan nabrak apa aja), saya harus lewat jalan bawah. Dan itu jalur TRUK. iya, TRUK.TRUK.TRUK.TRUK. -__-
Panas.
Debu.
Macet.
Kampret.

Ada yang lbh kampret lagi?
ADA....
karena topik TA saya berhubungan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), jadi saya harus sering interaksi sama orang di sana dan metodologi penelitian saya pun harus sesuai dengan keadaan di sana.
Itu berarti, saya kudu sering ke sana. hufthz...
Seminggu bisa sampai 2-4 kali ke sana.

Ada yang lebih kampet lagi?
ADA.....
karena berhubungan dengan perusahaan, jadi saya harus menyesuaikan dengan jadwal di sana.
Pernah saya butuh banget buat konsultasi, tapi orang sananya cuma bisa 1 jam di sela2 beliau rapat.
Yaaaaaa.....gimana lagi???
Total 60an kilometer.
Total 3 jam pulang pergi.
Cuma untuk ngobrol sekitar 35 menit.

tapi ya gimana lagi??
Namanya Juga Tugas Akhir .......
Semoga bisa berakhir dengan manis :)

Dan di dalam lubuk hati yang terdalam,
saya menikmati proses ini.
Proses dimana saya bener2 tau namanya perjuangan.
Perjuangan yang dilewati di tengah terpaan debu, kucuran keringat, di bawah teriknya matahari, di tengah himpitan roda besi dan di tengah hiruk pikuk klakson yang membahana (cieee puitis gerimis)
Proses dimana saya bisa tahu keadaan aktual lapangan pekerjaan kayak gimana.
Proses dimana di setiap langkah saya, terdapat doa dari Orang tua saya.
Proses dimana setiap saya down, terdapat doa saya sendiri agar senantiasa diberikan konsistensi.
Proses dimana setiap saya kesel dan ingin mengeluh, saya selalu berpikiran positif dan berbisik :

Namanya Juga Tugas Akhir ........
Semoga bisa jadi yang terakhir.
Aaamiiiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar