Selasa, 11 Februari 2014

Makanan (yang katanya) Khas Daerah

Ini fenomena yang sangat umuuuum sekali yang pasti semua orang uda pernah nemuin dan bahkan mengalami, dan pasti juga semuanya uda pernah kepikiran tapi jarang yang sampai mengungkapkan ke orang lain, paling notok ya dipikirin sendiri.

Bicara masalah makanan ya (hehe jadi laper),
Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan beragam suku, adat dan budayanya, secara otomatis memiliki ragam kuliner yang luar biasaaaaaa banyaaaaak sekali.
Dan enak2 pastinya.
Tapi fenomena yang sangat kampret adalah : BANYAK ORANG JUALAN YANG NGAKU2 JUALAN MAKANAN KHAS DAERAH TERSEBUT.

Pasti semuanya uda tau kan maksudku apa?
Ya gitu itu, orang jualan makanan makin seragam dan embel2 daerah asal makanan tersebut udah kayak nama wajib buat mkanan mereka.
Seolah2 kalo gak ada nama daerah di belakang nama makananya, jualan mereka gak bakal laku gitu :(
Sebagai contoh ya :

1. Soto ayam Lamongan

Ini nih, semua Soto Ayam, hampir 99% pasti ada embel2 "Lamongan". Ya padahal pada tau lah kalo gak semua yg jual itu orang Lamongan dan bener2 khas Lamongan, tapi selama itu enak ya gpp sih

2. Soto Daging Madura

Kalo Soto Daging ini lumayan masih ada variannya, kalo gak dari Madura ya dari Jombang. Bedanya ya kalo yang dari Madura ini agak lebih kentel dan yang masak gak pernah emosi, makanya kalo masak biasa aja. Gak pernah nggebrak botol kecapnya haha

3. Soto Daging Jombang

Kalo Soto daging Jombang ini lebih encer dan ada tambahan toge atau kecambah (yang banyak mengandung vitamin E dan recommended banget buat para pria2 calon bapak hehe)
Aku gak tau apakah orang Jombang gampang emosi ato gimana asal mulanya. Yang jelas kalo makan di Soto Daging Jombang kudu siap2 tahan kaget karena tiap nuang kecap asin (yang dituangnya dikiiiit bgt dan hampir gak ada efek di rasanya) si juru masak selalu nggebrak botol khususnya tersebut. Aku dulu yang sempet jadi penderita latah di jaman SMA, paling anti makan di sini -_-

4. Bakso Solo

Aku penggemar Bakso, dan otomatis penggemar Bakso Solo karena hampir depot yang jual Bakso, selalu ada embel2 "Solo" nya hehe

5. Bubur Ayam Jakarta

Aku gak ngerti apakah Bubur bener2 berasal dari Jakarta ato gmn, yang jelas banyaaak bgt yang jual "Bubur Ayam Jakarta". Ada nih yang jual bubur ayam jakarta keliling di perumahan, waktu iseng2 aku tnyain asalnya darimana, doi jawab dari Ponorogo -_-

6. Sate Ayam Ponorogo

Sate Ayam, salah satu makanan favorit. Biasanya kalo gak dari Ponorogo ya dari Madura. Tapi yang lebih famous sih menurutku yang dari Ponorogo. Kenapa? Karena kalo di depot ato restoran, lebih banyak yg dari Ponorogo drpda yg dri Madura (Logika yg sangat bagus ya hhaha)

7. Pecel Madiun

Kalo Pecel, mutlak hak patennya dimiliki oleh daerah Madiun. Sama aja sih kayak makanan2 sebelumnya, sedangkan di deket rumahku yang jual ada yang dari Sukabumi bro!!


Selain contoh2 di atas, yakin deh banyaak bgt makanan lain nama daeranya uda jadi trademark dari penamaan makanan tersebut. Yaa gak salah sih, cuma gimana gtu aja.
Sharing pengalaman aja ya, saya pernah pny beberapa pengalaman berhubungan sama fenomena menarik ini:

1. Jaman saya SMP (sekitar 2004-2007) di Sidoarjo, lagi ngetren bgt es yang namanya Es Oyen Khas Bandung. Jaman itu nyari Es Teler atau Es Campur jadi susah bgt soalnya semua orang pada jualan Es Oyen yg katanya dari Bandung. Waktu saya tanya kakak saya yang dinas di Jakarta dan sering ke Bandung, malah katanya susah bgt cari yang namanya Es Oyen di Bandung. Gak tau deh gmn yg bener. Barangkali anak Bandung ada yang bisa mengomentari?hehe

2. Waktu sempet kuliah bentar di IPB (bogor), di gang makanannya yang terkenal bgt namanya Bara. Saya yang kepengen bgt makan Soto secara otomatis nyari yang namanya Soto Ayam Lamongan (korban makanan jg broo haha). Tapi yang saya temukan malah Soto Ayam Surabaya. Nah lo?
Saya yang tinggal di SBY selama 19 tahun aja belum pernah denger Soto Ayam Surabaya sebelumnya. Akhirnya saya coba makan di sana. Enak sih, rasanya dan penyajiannya 11 12 lah sama soto ayam lamongan. Waktu saya tanya sama yang jual, dia dengan entengnya bilang :

"Saya aslinya dari Surabaya mas, daerah Keputran. Ya saya kasih aja nama Soto Ayam Surabaya biar beda, dan anak2 Surabaya jadi tertarik makan di sini. Biar laris mas"

wah, anti-mainstream banget orang yang jual haha

3. Saya  baru sadar, kalo franchise makanan yang paling sukses itu bkn mcD ato KFC ato Hanamasa ato apalah, tapi makanan yang satu ini: 
Yoiii, Bebek Goreng CABANG PURNAMA hahaha
Saya yakin semua orang setuju kalo bebek goreng yang satu ini ada di mana2. Mungkin banyaknya ngalahin franchise Indomaret sama Alfamart juga hehe


Masih banyak makanan lain selain di atas yang jadi fenomena umum yang unik di sekitar kita.
Tapi saya kepkirannya baru ini aja sih hehe
Yang jelas gambar2 di atas bukan promosi tempat makannya ya. Saya cuma googling dan nemunya gambar itu2 aja,
Apapun namanya dan daerahnya, yang jelas DI INDONESIA ITU KAYA AKAN RAGAM KULINER MULAI SABANG SAMPAI MERAUKE DAN RASANYA ITU NUSANTARA BANGET DENGAN CITA RASA REMPAH YANG KUAT. MAKANAN INDONESIA ITU PETJAH BGT LAH POKOKNYA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar